Kamis, 02 Oktober 2014

BIOGRAFI CHARLES DARWIN


Charles Robert Darwin adalah nama lengkap  sang penemu teori evolusi,Charles Darwin. Lahir di  Shrewsbury ,12 februari  1809. Charles Darwn adalah seorang naturalis inggris yang teori revosionernya meletakan ladasan bagiteori evolusi modern dan prinsip garis keturunan yang sama dengan mengajukan seleksi alam sebagai mekanismenya.

Lahir dari keluarga dokter,dimana ayah dan kakeknya berprofesi sebagai dokter. Tak heran apabila Charles Darwin akhirnya masuk jurusan kedokteran di salah satu Universitas. Namun masuk jurusan kedokteran ternyata bukan keinginan dari Charles Darwin sendiri,minat dan bakatnya ternyata bukan pada dunia kedokteran. Akhirnya Charles Darwin dipindahkan ke Universitas Cambrige pada tahun 1827 untuk belajar teknologi dan disini lah Charles Darwin bertemu Adam Sedgwick,seorang ahli geologi. Dari pertemuan ini lah,Adam Sedgwick mengajak Charles Darwin dalam penelitian geologi bersama ahli botani jhon Henslow.

Setelah lulus dari Universitas Cambrige pada tahun 1831 dengan predikat lulusan terbaik,Charles Darwin melanjutkan sekolahnya ke Universitas Edinburgh. Disini lah Charles Darwin bertemu Robert Grant seorang dokter yang mengenalkannya pada ilmu biologi kelautan. Sejak saat itu,Charles Darwin seakan menemukan minat dan bakatnya yang membuat kemampuan dalam dirinya berkembang pesat. Robert Grant pula lah yang mempertemukaan Chars Darwin dengan teori evolusi Jean Baptiste Lamarck, ilmuwan berkembangsaan Perancis.


Pada awal penelitiannya,Charles Darwin malakukan perjalanan penjelajahan dunia dalam kurung waktu 5 tahun diatas kapal HMS Beagle. Dalam perjalanan inilah,Charles Darwin dapat menuliskan beberapa tulisan dalam bidang geologi. Dari pengamatan-pengamatan inilah,Charles Darwin menemukan satu kajian tentang Transmutasi Spesies. Transmutasi spesies sendiri adalah istilah yang merajuk pada teori perubagahan spesies menjadi spesi lainnya. 

Dengan kapal HM Beagle inilah Charles Darwin sampai di kepulauan Galapagos. Di pulau Galapagos inilah Charles Darwin menemukan bahwa burung yang hidup di pulau itu adalah satu spesies finch namun beragam bentuknya. Semenjak saat itulah Charles Darwin meneliti apa yang terjadi pada spesies burung finch tersebut dan menemukan kajian tentang adaptasi. Dimana keanekaragaman bentuk paruh yang ada adalah satu adaptasi untuk memperoleh makanan dan tercetuslah teori Transmutasi Spesies.

Setelah menemukan teori transmutasi spesies,Charles Darwin mengembangkan teori seleksi alam pada tahun 1838. Namun tak sedikit orang yang menyangsikan penemuan Chales Darwin ini,bahkan menganggap Charles Darwin sesat. Namun pada tahun 1859 informasi bahwa Alferld Wallace mengemukakan teori yang sama yang pada akhirnya mendorongnya penerbitan bersama Teori Darwin.


Pada tahun 1859 Charl Darwin meluncurkan buku yang berjudul On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or The Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life atau yang lebih dikenal dengan judul  The Origin of spesies. Buku ini menjelaskan evolusi melalui garis keturunan yang sama sebagai penjelasan ilmiah yang dominan mengenai keanekaragaman hayati dalam alam. 

 


Charles Darwin meninggal dunia pada tanggal 19 April 1882 di Inggris. Sebagai tanda pengakuan terhadap kehebatan Darwin, ia dikebumikan di  Westminster Abbey bersama William Herscel.

Sumber Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Darwin                      

 

Tania Harnum Rachmawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar