PENGARUH
GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
SMA NEGERI 1 KUNINGAN
KABUPATEN
KUNINGAN
TAHUN
AJARAN 2012 -2013
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Masalah
Pendidikan adalah salah satu wadah yang berisi suatu
proses belajar mengajar yang diartikan sebagai suatu rangkaian interaksi antara
siswa dan guru dalam mencapai tujuan. Pendidikan juga di artikan sebagai suatu
proses pertumbuhan individu yang berlangsung sepanjang hayat. Hal ini berkaitan
dengan konsep pendidikan seumur hidup yang sangat penting dan tidak dapat
dipisahkan dengan kehidupan manusia. Sehingga, konsekuensinya harus dilaksanakan
dengan sebaik – baiknya untuk memperoleh hasil yang diharapkan.
Manusia
sebagai makhluk ciptaan Allah swt. Diberi tugas dan tanggung jawab untuk
menjadi khalifah di muka bumi yakni sebagai partisipator dan penyelaraskan
lingkungan. Manusia dibekali dengan kecerdasan, bakat, keadaan jasmani, sosial
dan emosional. Untuk mengembangkan itu semua manusia akan senantiasa belajar.
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilaksanakan seseorang untuk memperoleh
suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari
pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Dalam arti lain belajar
adalah suatu proses pembelajaran untuk mendapatkan suatu konsep hidup demi
menggapai kelangsungan hidup, yakni mengubah paradigma statis menjadi dinamis.
Utamanya, memiliki kepribadian yang melalui proses interaksi individu dengan
individu, individu dengan lingkungan, dan individu dengan kelompok. Konsep
hidup merupakan hasil dari pembelajaran yang hasilnya mencakup pengalaman,
pengetahuan, pembentukan kebiasaan, dan sejenisnya. Belajar tidak serta merta
sekali dua kali langsung memiliki suatu konsep yang ideal, didalam belajar
terdapat proses melatih jiwa, daya, pemahaman, memecahkan masalah, dan lainnya.
Perwujudan perilaku belajar biasanya terlihat dari
perubahan – perubahan kebiasaan, keterampilan, pengamatan, sikap dan kemampuan
yang biasanya disebut sebagai hasil belajar. Hasil dari proses belajar disebut
hasil belajar yang dapat dilihat dan diukur.
Hasil belajar yang dicapai siswa
dipengaruhi dua faktor utama, yaitu :
(1). Faktor dari dalam diri siswa,
meliputi kemampuan yang dimilikinya, motivasi
belajar, ketekunan, sosial, ekonomi,
faktor fisik dan fsikis,
(2). Faktor yang datang dari luar diri siswa / faktor- faktor lingkungan,
terutama
kualitas pengajaran.
Pada era globalisasi ini kebudayaan asing sudah banyak mempengaruhi
kebudayaan masyarakat semua
kalangan
khususnya
kalangan pelajar. Salah satu
contoh
kebudayaan
tersebut
adalah internet. Banyak
sekali
produk yang dapat
kita
jumpai di internet, seperti
salah
satu
produknya
yaitu game online yang
popular saat ini di kalangan pelajar. Game online sendiri
merupakan
salah
satu media hiburan yang
mampu mempengaruhi suatu dinamika dunia pendidikan khususnya untuk para pelajar.
Seperti yang kita
ketahui
bahwa
sekarang
ini
banyak
sekali
remaja yang mendapatkan
dampak-dampak
dari game online itu
sendiri.baik
itu negative maupun
positif.
Oleh
karena
itu
kelompok
belajar kami akan
melakukan
observasi
mengenai “Pengaruh Game Online terhadap
Prestasi
Belajar
Siswa SMAN 1
Kuningan”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Bagaimana pengaruh game online terhadap
prestasi siswa ?
2. Bagaimana peran serta perhatian orang
tua siswa akan adanya pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa ?
3. Bagaimanakah pengendalian penggunaan
game online di kalangan siswa agar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar
?
C. Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui sejauhmana game online mempengaruhi prestasi
siswa
2. Mengetahui
sejauhmana peran serta perhatian orang tua siswa akan adanya pengaruh game
online terhadap prestasi belajar siswa
3. Mengetahui
cara pengendalian penggunaan game online di kalangan siswa agar tidak berpengaruh
terhadap prestasi belajar
D. Manfaat
Penelitian
a. Bagi
Siswa diharapkan dapat :
1). Meningkatkan prestasi belajar siswa.
2). Meningkatkan motivasi belajar siswa.
3). Selektif dalam menerima budaya asing.
b.
Bagi Guru diharapakan dapat :
1).
Digunakan sebagai reperensi untuk menemukan metode belajar baru yang efektif.
2). Meningkatkan profesionalisme guru.
c. Bagi orang tua diharapkan dapat :
1). Memperhatikan dan
memonitoring anaknya dalam bergaul.
2). Memicu orang tua
untuk belajar kecanggihan teknologi.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
A.
Game
Online
Maraknya
perkembangan dunia internet, membawa banyak pengaruh bagi siswa. Salah satunya
dengan kehadiran game online.
Permainan
ini dapat mengganggu prestasi belajar. Hal ini karena permainan game
online memiliki sifat adiktif atau
membawa candu. Akibatnya anak yang sudah mengenal game online akan
cenderung terpengaruh, baik secara langsung maupun tidak.
Anak sekolah
merupakan salah satu kelompok yang mudah terpengaruh oleh dampak game
online. Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat atau bermain, namun
anak cenderung memanfaatkannya untuk duduk di depan komputer dan asik dalam
permainan game online tersebut.
Meskipun
kelihatanya sekedar duduk dampak jangka panjang dari permainan games yang
menghabiskan waktu luang lebih dari 30 jam per minggu, serta permainan game
dapat menguras energi serta membutuhkan konsentrasi dan anak diransang
penasaran untuk mengejar nilai tinggi bahkan anak lupa waktu untuk berhenti
sejenak.
Ketergantungan
semacam itu dapat memicu perilaku negatif seperti mencuri uang untuk membeli
game baru, bolos sekolah, malas mengerjakan pekerjaan rumah (PR), atau rasa tak
tenang saat tidak dapat bermain games.
Bila anak
bermain game dengan tingkat ketergantungan yang tinggi dan posisi duduk yang
salah saat bermain games dikawatirkan anak akan mengidap nyeri sendi di
kalangan anak-anak.
B. Dampak Game Online
Game online
pada dasarnya sama seperti sebuah koin yang memiliki dua permukaan yang
berbeda. Artinya, game online memiliki pengaruh atau dampak yang saling
bertolak belakang tergantung pada pemakainya.
1. Dampak positif game online
Setiap
game memiliki tingkat kesulitan/Level yang berbeda. Umumnya permainan ini
dilengkapi pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang
berbeda. Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien
diperlukan strategi. Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat
memenangkan permainan dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.
Meningkatkan
konsentrasi. Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena
mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa
dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka
semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.
Meningkatkan
koordinasi tangan dan mata. Orang yang bermain game dapat meningkatkan
koordinasi atau kerja sama antara mata dan tangan.
Meningkatkan
kemampuan membaca. Sangat tidak beralasan bahwa game online merupakan jenis
permainan yang menurunkan tingkat minat baca anak. Dalam hal ini justru game
online dapat meningkatkan minat baca pemainnya.
Meningkatkan
kemampuan berbahasa inggris. Kebanyakan game online menggunakan bahasa inggris
dalam pengoperasiannya ini yang mengakibatkan pemainnya harus mengetahui kosa
kata bahasa inggris.
Meningkatkan
pengetahuan tentang komputer. Untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan
kualitas gambar yang prima seorang pemain game online akan berusaha mencari
informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat
digunakan untuk memainkan game tersebut.
Meningkatkan
kemampuan mengetik. Kemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena mereka
menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.
2. Dampak negatif game online
Menimbulkan
adiksi atau kecanduan yang kuat. Sebagian besar game yang beredar saat ini
memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. Semakin seseorang
kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan. Tapi
keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan
psikologis pemain game.
Mendorong
melakukan hal-hal negatif. Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering
kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain
dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti
perlengkapannya yang mahal-mahal.
Berbicara
kasar dan kotor. Entah ini terjadi di seluruh dunia atau hanya Indonesia, para pemain game online sering mengucapkan kata-kata
kotor dan kasar saat bermain di warnet atau game center.
Terbengkalainya
kegiatan di dunia nyata. Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas di game dan
rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan terbengkalai. Diantaranya
waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan menjadi
terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya.
Perubahan
pola makan dan istirahat. Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah sering
terjadi pada pemain game online karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan
menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat akses internet
murah pada malam-pagi hari.
Pemborosan
uang. Untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli poin atau karakter
kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet dirumah.
Mengganggu
kesehatan. Duduk terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan
dampak negatif bagi tubuh.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
·
Tempat : SMA Negeri 1 Kuningan
Jl. Siliwangi No.55 Kuningan
·
Waktu
: Mei 2013
B.
Subyek
penelitian
Subjek
penelitian adalah siswa dan siswi kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Kuningan.
C. Cara pengambilan data
Pengambilan
data ini dilakukan melalui pengambilan angket
D. Prosedur Penelitian
Prosedur
penelitian menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.
·
Menentukan sampel yang akan diteliti
·
Membuat naskah angket
·
Menyebar angket
·
Mengumpulkan angket
·
Menganalisis isi angket
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Tabel 1. Jenis Kelamin
Jenis Kelamin
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Laki-laki
|
5
|
50 %
|
perempuan
|
5
|
50 %
|
Angket ini disebar dengan tidak memandang jenis
kelamin, jadi angket ini disebar dengan presentase merata antara laki-laki dan
perempuan. Jumlah total angket yang disebar adalah 10 buah dengan 5 laki-laki
dan 5 perempuan.
Tabel 2. Pengetahuan mengenai Game
Online
Pengetahuan
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Tidak tahu
|
-
|
-
|
Tahu
|
7
|
70 %
|
Sangat tahu
|
3
|
30 %
|
Berdasarkan
angket yang telah disebar rata-rata mengetahui game online, dengan presentase
70 %, dan tidak ada satupun yang tidak mengetahui keberadaan game online.
Table 3. Lamanya bermain dalam sehari
Lamanya Bermain
|
Frekuensi
|
Persentase
|
<1 jam
|
6
|
60 %
|
1-2 jam
|
2
|
20 %
|
2-4 jam
|
1
|
10 %
|
>4 jam
|
1
|
10 %
|
Berdasarkan hasil
angket permainan game online dimainkan oleh setiap orang kurang dari 1 jam
dengan persentase 60 %, tapi masih ada yang bermain game online lebih dari 4
jam.
Tabel 4. Jumlah uang yang dikeluarkan
dalam sehari dalam ribuan
Jumlah Uang Yang Dihabiskan/Hari
|
Frekuensi
|
Persentase
|
<10
|
8
|
80 %
|
10-20
|
2
|
20 %
|
20-30
|
-
|
-
|
>30
|
-
|
-
|
Berdasarkan hasil angket yang telah disebar pada
setiap harinya menghabiskan sedikkitnya sekitar kurang dari 10 ribu,
dikarenakan sudah mempunyai alatnya atau media game online sendiri.
Tabel 5. Hal yang
menyebabkan pelajar rela menghabiskan waktunya bermain game online
Penyebab Bermain
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Untuk Menaikkan Level
|
1
|
10 %
|
menghilangkan stress
|
7
|
70 %
|
mencari teman
|
-
|
-
|
Permainannya Yang Terus
Update Dan Tidak Membosankan
|
2
|
20 %
|
Berdasarkan
angket yang telah disebar kebanyakan pelajar rela menghabiskan waktunya bermain
game online dikarenakan untuk menghilangkan stress akibat beberapa penyebab
seperti kepenatan dalam belajar dengan persentase 70
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Internet
merupakan suatu teknologi baru yang bias menghubungkan berbagai data dan
informasi secara mendunia, yang dimana setiap orang bias dengan bebas
mengaksesnya. Internet dalam bidang pendidikan memberikan kontribusi yang besar
terhadap kemajuan pendidikan khususnya di Indonesia. Dengan adanya internet
maka bias meningkatkan mutu kualitas bangsa, Khususnya pelajar, dengan adanya
internet ini maka akan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi
siswa.
Hal ini
disebabkan oleh dengan adanya internet, maka dapat memudahkan siswa baik itu
mengerjakan tugas sekolahnya maupun untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan
yang ada didalam internet. Dengan demikian seorang siswa yang sering membuka
internet terutama membuka situs-situs pendidikan maka akan membuat dirinya itu
memiliki wawasan yang luas, dan tidak akan ketinggalan dengan kemajuan zaman,
yang akhirnya akan berimbas pada peningkatan nilai prestasi siswa tersebut.
Namun selain
dari manfaat, internet juga memiliki dampak negatif bagi generasi penerus yang
membuka internet. Apakah internet itu memberikan manfaat untuk siswa atau
dampak negatif siswa tergantung pada diri siswa itu sendiri. Apabila internet
digunakan untuk meningkatkan prestasi, maka akan memberikan banyak manfaat
untuk siswa. Namun apabila digunakan untuk sesuatu yang negatif maka akan
memberikan dampak yang negatif juga untuk diri siswa.
B. Saran
Dari
uraian diatas penulis berharap agar kita bisa memanfaatkan segala teknologi
yang ada termasuk internet untuk kemajuan bangsa. Karena kemajuan suatu bangsa
ditentukan oleh tingkat kualitas pendidikan. Suatu teknologi akan mengakibatkan
apa saja itu semua tergantung pada diri kita masing-masing. Jangan
mempergunakan internet untuk sesuatu yang dapat merugikan orang lain, atau
dapat menimbulkan suatu masalah. Manfaatkanlah internet sebagai media
pembelajaran dalam rangka menuju masa depan yang cerah dengan pengetahuan yang
luas dan kritis.
Pendampingan Orangtua
Untuk
menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus
dilakukan.
a)
Selalu dampingi anak ketika mereka
sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses
situs yang tepat.
b)
Jika fasilitas internet tersedia di rumah,
letakkan fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orangtua
mengawasi anak.
c)
Jika harus menggunakan fasilitas
internet di warnet ,
bantu anak memilih warnet ‘sehat’. Akan lebih bijaksana, jika Anda mengenal
pemilik dan petugas di sana. Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak.
d)
Beri pemahaman yang baik pada anak
tentang pengaruh positif
dan negatif internet bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya
dengan benteng pertahanan diri.
e)
Ada baiknya, Anda juga mengenali teman dan
lingkungan anak Anda. Teman dan lingkungan yang baik adalah benteng pertahanan
luar anak.
f)
Untuk mencegah penculikan dan
pelecehan pada anak, ingatkan mereka agar tidak mudah percaya pada siapa pun di
internet. Ingatkan pula untuk tidak mencantumkan hal-hal yang bersifa pribadi yang
mudah diakses orang lain.
blh minta angketnya ga ka?
BalasHapusomnia303 situs game slot 4d terpercaya depo pulsa tanpa potongan
Hapus{Satu AKun Untuk Semua Game:}
{SLOT,TEMBAK IKAN}
{CASINO LIVE}
{SPORTBOOK SABA}
Hadiah Togel:
*4D:9800 *3D:980 *2D:98
OMNIA303 bandar terpercaya
-DEPO BANK LOKAL
Minimal depo : 10 RB
-PULSA XL TANPA POTONGAN
Minimal depo: 25 RB
-New Member Togel 10%
-New Member Slot 50%
-TO Bulanan SLOT
-Cashback Mingguan SLOT
Whatsapp:
081294790469
https://omniaspin.com
ijin copas
BalasHapusterimakasih sebelumnya
boleh minta daftar pustakanya ngga kak?
BalasHapusminta daftar pustakanya dong ka
BalasHapuskak boleh minta angketnya??
BalasHapusIjin kopas ka,boleh??
BalasHapusnice share kak.
BalasHapusnice share kak.
BalasHapusijin copy mbk
BalasHapusijin copy mbk
BalasHapusWhat the fuck is this
BalasHapusIzin copas kak
BalasHapusSaya sertakan sumber dah
Izin copas kaka
BalasHapusMakasih dah bantuin saat uts
BalasHapusIzin. Copas kak
BalasHapusIzin copas latar belakangnya ya mbak,,,
BalasHapus🙏🙏🙏🙏
LINK PKV GAMES - Link Pkv Games Adalah Kumpulan daftar situs link pkv games memberikan riew tentang situs Pkv Games
BalasHapusLinkPkvGames
Link Pkv Games
Pkv Games
PkvGames
Pkv Poker
Pkv Domino
Daftar Pkv Games
Daftar Link Pkv Games
Download Link Pkv Games
Download Pkv Games
Login Link Pkv Games
Login Pkv Games
Bandarq Link Pkv Games
Bandarq Pkv Games
Dominoqq Link Pkv Games
Dominoqq Pkv Games
QQ Pkv Games
QQ Link Pkv Games
Situs Link Pkv Games
Situs Pkv Games
Webiste Pkv Games
Webiste Link Pkv Games
Cara Bermain Pkv Games
Link Pkv Games Terbaik
Link Pkv Games Terpopuler
Agen Link Pkv Games
Link Pkv Games Rivew
Link Pkv Games Sejarah
Link Pkv Games Jackpot
Link Pkv Games Dominoqq
Link Pkv Games BandarQ
Link Pkv Games Ceme Online
Link Pkv Games AduQ Online
Link Pkv Games Capsa Online
Link Pkv Games Poker Online
Link Pkv Games Sakong Online
Link Pkv Games Bandar66 Online
Link Pkv Games Server Terbaik
Permainan Pkv Games
Link Pkv
Cara Bermain Pkv Games LINK PKV GAMES - Link Pkv Games Adalah Kumpulan daftar situs link pkv games memberikan riew tentang situs Pkv Games
Tq Brother
BalasHapusDaftar Id Robot
Cara Daftar Akun Robot
Daftar ID Robot PKV
Cara Daftar Akun Robot
Daftar Robot PKV
Daftar Kode Id PKV
Link Situs Terpercaya
Situs PokerV Terpercaya
BalasHapusVTBET88ID
Situs Judi Online Terbaik
Agen Sbobet Terpercaya
Bandar Judi Terbesar Indonesia
Situs Slot Games Jackpot
Nama lengkap peneliti nya siapa?
BalasHapusVideo Mesum Gisel Anastasya
BalasHapusVideo Panas Gisel Anastasya
BalasHapusIzin copas kak, makasih makalahnya sangat betgina
BalasHapusFilm Bokep Terbaru 2019
BalasHapusParley Bola Bonus 100%
Judi Bola online Bonus 100%
Agen Casino Terpercaya Bonus 100%
Agen Judi Terpercaya Bonus 100%
Daftar pustaka nya mana ya
BalasHapusIjin copy 🙏
BalasHapusIzin copy🙏
BalasHapusShare angket nya dong
BalasHapusKa..izin minta angketnya
BalasHapusIzin mengcopy ya
BalasHapusGood Job Thanks For Your support,,Good article
BalasHapusAkun Robot PKV
ID PRO
Saya copas bos ... 😊
BalasHapusKk bisa minta daftar pustakanya?
BalasHapusartikel yang bagus gan, sangat bermanfaat...
BalasHapussoftware developer
digital marketing
Nice Article
BalasHapusCome and join us
SahabatQQ
Agen Domino99
this is very nice article .
BalasHapusGames pkv
Anda salah satu pecinta judi online?? dengan itu saya merekomendasikan anda untuk bermain bersama JanjiQQ Situs Judi Online Dengan Winrate 95% Menyediakan Permainan yang Terjamin Berkualitas FAIRPLAY1000%
BalasHapus- DominoQQ
- Capsa Susun
- BandarQ
- Bandar Poker
- Sakong
- Bandar66
- AduQ
- Perang Baccarat (NEW)
Tersedia Promo Menarik Dan Bonus Besar Seperti BONUS CASHBACK 0.3% dan BONUS REFERRAL 20%(Cocok untuk judi lovers, ataupun yang tidak suka bermain judi online namun ingin mendapatkan anda bisa mencoba berbisnis dengan JANJIQQ tanpa Modal dapte Komisi.)
Menyediakan Transaksi Menggunakan Bank Lokal Terbaik Dan Berkualitas yakni (BCA, MANDIRI, BNI, BRI, DANAMON, CIMB NIAGA)
Bisa Bertransaksi Menggunakan PULSA XL DAN TELKOMSEL DENGAN RATE TERENDAH!! Menerima Juga Transaksi Menggunakan (DANA, OVO, LINK AJA, GOPAY, DLL.)
PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH, MINIMAL DEPOSIT 15.000 AJA!! YUKK DAFTAR DI
Link : JANJIQQ
Hubungi Kontak lebih Lanjut ke : +85570243722
Izin copas s🙏
BalasHapusMemberikan prediksi jitu kepada anda yang akan segera menang di Prediksi Toto Macau
BalasHapusDiskon Full Terbesar, Terbaik dan Terlengkap
4D (4angka) 1000 bayar 9jt
3D (3angka) 1000 bayar 900rb
2D (2angka) 1000 bayar 95rb
Whatsapp : +6281263102766
Dengan minimal bet 100perak saja dapatkan diskon full bolak - balik sepuasnya.
I really appreciate your support on this.
BalasHapusLook forward to hearing from you soon.
I’m happy to answer your questions, if you have any.
คาสิโน
คาสิโน
แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย
Kak minta daftar pustakanya kak
BalasHapusMany thanks for your kind invitation. I’ll join you.
BalasHapusWould you like to play cards?
Come to the party with me, please.
See you soon...
คาสิโนออนไลน์
คาสิโน
คาสิโน
เครดิตฟรี
Situs Slot Online | Togel Online | Depo Pulsa Aman Dan Terpercaya | Tupai288
BalasHapusMenerima TOP UP
Depo Pulsa Tanpa Potong
BANK|E-WALLET|PULSA
▶️Min Depo: Rp.10.000
▶️Min Wede: Rp.50.000
🔥Bonus🔥
✅Member Baru100%
✅Harian Depo 10%
✅Cashback 10%
✅Bonus TO 0.25%
✅Referral 1%
🔥Game🔥
⚡SLOT
⚡CASINO
⚡BOLA
⚡TOGEL SDY,HK,SGP
whatsapp:
+6281361892392
Link web:
https://128.199.86.55/
Gᥙყs nιh ᥲkᥙ kᥲsιh ιnfo ᥲgᥱn sᥣot HappyMPO Sᥱnsᥲsιonᥲᥣ
BalasHapusTᥱrgᥲᥴor dᥲn Tᥱrρᥱrᥴᥲყᥲ JP bᥱrᥲρᥲ ρᥙn ρᥲstι ᥴᥲιr 🔥
🎯 ʙᴜᴋᴛɪᴋᴀɴ sᴇɴᴅɪʀɪ ʙᴏs ᴋᴜ 🎯 REAL BUKAN KW 🎯
KLIK DISINI
WA CS HappyMPO : 0853-7367-6429
🎯 Minimal deposit hanya 10rb ✔️
🎯 Bonus New member 220% ✔️
🎯 Bonus New member sabung ayam 30% ✔️
🎯 Bonus New Member 20% ✔️
🎯 Bonus Unlimited Slot Reload 10% ✔️
🎯 Bonus Cashback Casino 10% ✔️
🎯 Bonus Sportsbook Reload 10% ✔️
🎯 Bonus referral 0.3 % ✔️
🎯 Deposit Pulsa TELKOMSEL & XL ✔️
🎯 Tᥱrjᥲmιn Mᥱnᥲng ✔️
🎯 Tᥱrjᥲmιn Dᥲρᥲt Promo ✔️
🎯 Tᥱrjᥲmιn Bᥲყᥲrᥲn nყᥲ ✔️
🎯 MENANG BERAPAPUN DIBAYAR LUNAS 💯% ✔️
Nice articles and your informatin valuable and good artices thank for the sharing information Lube Factory
BalasHapusizin copas ya kak,
BalasHapusterimakasihh kasih kak
Situs banyak menangnya
BalasHapusSitus Slot Online